Tugas Bahasa Indonesia makalah Teks Negosiasi

Tugas Bahasa Indonesia
Teks Negosiasi




Anggota Kelompok   :
v M. Fatkhu rizqi
v Prastitan Aji P.


SMA 1 Genteng
Jln KH WachidHasyim 20 Genteng, Banyuwangi

Ø Teks Negosiasi

Pada sianghari, Joko pergi ke toko laptop untuk mencari laptop

(01)   Revan                          : “Selamat datang, silahkan duduk.”
(02)   Joko                             : “Terima kasih.”
(03)   Revan                          : “ Ada yang bisa saya bantu?”
(04)   Joko                             : “Saya ingin beli laptop.”
(05)   Revan                          : “Ingin laptop merk apa?”
(06)   Joko                             : “Yang bagus itu merk apa?                                                                                                                                        (07)    Revan                         : “Begini, kalau masalah bagus tidaknya itu relatif.                                             Semua merk ada kelebihan dan juga  adakekurangannya.Tetapi,sekarang ini yang paling laris itu Asus  A450CC-WX146D”

(08)   Joko                             : “Oh begitu, saya boleh lihat barangnya?”
(09)   Revan                           : “Iya, sebentar saya ambilkan dahulu.”
(10)   Joko                             : “Fasilitasnya apa saja?”
(11)   Revan                           : “Ada wifi, bluetooth, camera,core i7,” dan masih banyak lagi”

(12)   Joko                             : “Warnanya ini hanya hitam saja?”
(13)   Revan                           : “Bukanhanyahitam , inimasihada yang berwarnaada warna biru, putih, silver, gold, hitam. Silahkandipilih

(14)   Joko                             : “Saya mau lihat warna biru, soalnya saya suka warna biru.”

(15)   Revan                           : “Maaf, yang warna biru lagi habis stoknya, mungkin   besok datang nya”

(16)   Joko                             : “Kalau sekarang adanya warna apa saja?”
(17)   Revan                           : “Kita punya warna putih sama hitam.”
(18)   Joko                             : “Saya lihat yang putih dulu.”
(19)   Revan                           : “Iya, saya ambilkan dulu.”
(20)   Joko                             : “Iya”
(21)   Revan                           : “Ini, silahkan.”
(22)   Joko                             : “Oh begini. Yaudah saya pilih gold saja. Harganya berapa?”

(23)   Revan                           : “Kalau yang ini harganya Rp. 8.500.000,00”
(24)   Joko                             : “Tidak ada diskon?”
(25)   Revan                          : “Kebetulan kita lagi ada promo untuk merk Asus, ada spesiala diskon, jadi harganya tinggal 8.000.000,00.”

(26)   Joko                             : “Tidak bisa turun lagi?”
(27)   Revan                           : “Tidak bisa. Ini bisa di kredit mas, ansurannya 8* dalam 1bulan.”

(28)   Joko                             : “Rp. 7.600.000,00 gimana? Cash.”
(29)   Revan                           : “Ditambahin lagi !”
(30)   Joko                             : “Saya tambahin Rp. 100.000,00 gimana?”
(31)   Revan                          : “Tetap tidak bisa, begini saja saya kasih Rp. 7.850.000,00, itusudah turun banyak lho.”

(32)   Joko                             : “Gak bisa ditambahin lagi diskonnya?”
(33)   Revan                          : “Gak bisa, nanti kalau ditambahin terus bos saya marah, inibukan punya sayakalau punya saya, saya kasih segitu”

(34)   Joko                             : “Ya sudah saya setuju Rp. 7.850.000,00”
(35)   Revan                           : “Saya buatkan notanya dulu.”
(36)   Joko                             : “Iya”
(37)   Revan                          : “Ini notanya, silahkan tanda tangan disini. Ini juga ada
garansinya1 tahun, jadi kalau ada masalahdengan laptopnyabawa saja kesini.”

(38)   Joko                             : “Oh iya. Ini uangnya.”
(39)   Revan        : “Terima kasih. Ini mau diantarkankerumah apa dibawa
langsung?”

(40)   Joko                             : “Saya bawa langsung aja.”
(41)   Revan                          : “Selamat siang.”
(42)   Joko                             : “Selamat siang.

Joko pun pulang membawa laptop miliknya yang baru.

Ø STRUKTUR TEKS NEGOSIASI DI ATAS

Nomor  1 – 3                    : Orientasi
Nomor  4 – 17                  : Permintaan
Nomor 18 – 21                 : Pemenuhan
Nomor 22 – 33                 : Penawaran
Nomor34                         : Persetujuan
Nomor 35 – 38                 : Pembelian
Nomor 39 – 42                 : Penutup





Ø Monolog teks Negosiasi diatas



Pada suatu siang Joko pergi ke toko laptop untuk membeli sebuah laptop. Ketika Joko sampai di toko laptop, Joko disambut oleh salahsatu karyawan toko laptop tersebut yang bernama revan. Lalu Joko bertanya – tanya tentang laptop yang akan Dia beli. Setelah banyak sekali pertanyaan dari Joko , Revan pun menyarankan laptop merkAsus A450CC-WX146D. Karena laptop jenis inilah yang terlaris saat ini. Selain itu, banyak fasilitas pada laptop merk ini. Diantaranya wifi, bluetooth, camera,core i7, dan masih banyak lagi. Laptop merk ini juga tersedia dalam banyak warna , contohnya biru, putih, silver, gold, dan  hitam. Sebenarnya Joko menginginkan warna biru. Namun karena stok laptop yang biru habis maka Joko memilih yang berwarna Gold.
Setelah Joko merasa cocok dengan laptop yang dipilih nya , maka joko menanyakan harga laptop tersebut. Harga laptop tersebut adalah Rp. 8.500.000,00. Lalu Joko mengajukan penawaran berkali – kali. Pada akhirnya , harga yang disepakati adalah Rp. 7.850.000,00. Lalu revan memberi nota pembelian laptop tersebut. Lalu Joko membawa laptop tersebut pulang.


Ø Imperatif (perintah)

·        silahkan duduk !
·        Tambahin lagi !
·        silahkan tanda tangan disini!
·        jadi kalau ada masalahdengan laptopnyabawa saja kesini!



Ø Persuasif  (ajakan)

·      Silahkandipilih














Previous
Next Post »

selamat datang di blog saya ya ...
di follow ya nanti aku follback kok
:D ConversionConversion EmoticonEmoticon