Saya jamin budaya yang kayak gini nggk pernah ada di daerah kalian 1000 orang menari serentak – Festival Gandrung Sewu Banyuwangi

Gandrung Sewu Banyuwangi

       Sebelum nya selamat pagi guys dimanapun kalian berada . semoga kalian selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan ya. Tapi jangan lupa bersukur lo ya. Kayak saya sekarang sangat bersyukur karena di kaunia i nikmat budaya yang sangat unik dan menarik yang saya yakin tidak akan pernah ada di tempat kalian.

          Kali ini saya akan kembali mengeshare kepada anda semua tentang suatu budaya yang ada di Banyuwangi yang wajib anda tonton karena saya yakin kaian semua belum bernah melihat yang seperti ini.

          Budaya yang akan saya share kali ini adalah budaya tari Gandrung sewu di Banyuwangi. Gandrung itu apa ya mas ? gandrung adalah sebuah tarian yang ada di Banyuwangi. eittss , tapi jangan salah lo ya , ini bukan sekedar tarian biasa lo yaaaa... yang akan saya bahas kali ini adalah tari Gandrung sewu.



Tari yang artinya  tarian
Gandrung itu artinya orang yang menari
sewu artinya seribu

          jadi tarian gandrung sewu adalah ada 1000 orang penari gandrung yang menari bersamaandan serentak di sebuah pantai di banyuwangi kota yang bernama pantai boom. 1000 orang itu menari semua kah mas? Iya dong menari semua. Inilah hebatnya dari ritual ini. Saya jamin dimanapun kalian belumpernah nonton orang menari rame rame sampai 1000 orang dan nari nya bersamaan dan nari nya di pantai lagi.iya kan ? kalau mau nonton bisa langsung ke banyuwangi kok hehe. Tenang aja dijamin rame banget tapi seruu dan orang banyuwangi ramah ramah kok.



          Tapi ada yang unik juga nih , menurut sejarah , dulu penari gandrung itu malah dilakukan oleh orang laki laki, namun berkembang sampai sekarang tarian gandrung di lakukan oleh orang perempuan aja. Mungkin karena lebih enak ditonton kali ya etimbang orang laki laki yang menari hehe.



          Oh iya ada lagi lokeuntungan nya kalau nonton gandrung sewu ini , tempat nya kan di pantai ya sekalian refresing lah. Trus di deket pantai juga ada bioskop yang siap buat nonton film – film terbaru . jadi bisa nonton budaya yang ajib ini + mantai + nonton bioskop. Kalau masalah letak jangan risau. Kalian tinggal buka google maps search pantai boom banyuwangi pasti sudah langsung muncul lokasi nya soalnya ini dikota bro jadi nggak di pelosok. Jalan nya juga lancarkok nggak macet , bagus deh pokok nya .



          Oke deh semoga artikel saya tadi bisa berguna yaa.. sampai jumpa di artikel artikel saya yang lain. Salam lare osing .... 

oh iya kalau menurut kalian artikel ini bermanfaat untuk kalian mohon like coment and share yaa
Previous
Next Post »

selamat datang di blog saya ya ...
di follow ya nanti aku follback kok
:D ConversionConversion EmoticonEmoticon