Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) di Indonesia

Daftar universitas perguruan tinggi kedinasan di Indonesia

          Adakah disini yang belum paham apa itu perguruan tinggi kedinasan di indonesia? Kalau belum faham sekarang akan saya jelaskan. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan.
          Trus apa bedanya perguruan tinggi kedinasan (PTK) dengan perguruan tinggi negri negri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS)? Oke bak saya akan jelas kan keuntungan yang nantinya secara otomatis akan menjelaskan perbadaan antara PTK PTN / PTS. Langsung saja ini lah perbedaan nya :
                  I. Biaya kuliah yang terjangkau bahkan gratis.

PTK biasanya disubsidi oleh APBN melalui anggaran di tiap lembaga pemerintah yang menaunginya, sehingga biaya kuliahnya relatif lebih murah. Bahkan, sebagian PTK benar-benar disubsidi oleh APBN sepenuhnya, sehingga biaya kuliah yang ditanggung benar-benar gratis. Jika ada pendapat bahwa seluruh PTK itu gratis, pendapat itu salah. Yang benar adalah tidak semua PTK menggratiskan biaya pendidikannya. Jadi intinya PTK itu biaya kuliah nya lebih murah dibandingkan dengan PTN ataupun PTS. Bahkan bukan lebih murah tapi kalian juga di bayar looh. Iya dibayar bukan bayar . bahkan sampai biaya hidup (kost , makan , kebutuhan sehari-hari ) kalian akan ditanggung. Gimana enakkan ?
               II. Fasilitas ikatan dinas.

Ikatan dinas adalah fasilitas yang diberikan oleh beberapa PTK di mana lulusannya mendapat jaminan pekerjaan saat lulus, dan diangkat sebagai pegawai tetap di mana sebagian besar merupakan Pengawai Negeri Sipil (PNS). Bahkan untuk sebagian PTK, terdapat fasilitas penggangkatan sebagai CPNS walaupun mahasiswa yang bersangkutan belum menyelesaikan pendidikannya. Sebagian PTK juga memberikan fasilitas gaji atau uang saku kepada mahasiswanya, baik yang telah diangkat sebagai CPNS ataupun belum. Jika ada pendapat bahwa semua PTK itu memiliki fasilitas ikatan dinas, pendapat itu salah. Namun, semua PTK memiliki akses jenjang karir sebagai pegawai di lembaga pemerintah yang membawahinya. Sehingga untuk sebagian PTK mewajibkan lulusannya mengikuti tes CPNS terlebih dahulu sebelum diangkat sebagai CPNS di lembaga pemerintah yang dimaksud. Jadi intinya setelah kalian lulus maka kalian langsung bisa mendapat pekerjaan tanpa harus susah susah mondar mandir mencari pekerjaan .


Gimana berminat untuk daftar di perguruan tinggi kedinasan ? bisa difikir-fikir dulu kali yaa. Pokok nya jika kalian berhasil masuk di PTK maka bisa dipastikan kalau masa depat kalian cerah banget deh pokok nya. Jadi saran saya sih kalian harus nyoba daftar di PTK .
Contoh PTK itu mana aja sih ? oke saya jelaskan sekarang daftar PTK yang ada di Indonesia. Ada banyak kok , kalian bisa memilih sesuai bidang yang kalian sukai. Daftar PTK nya sebagai berikut :

1.    Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN-STAN) 


adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan).
Program studi yang diselenggarakan oleh PKN-STAN untuk lulusan SMU, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Diploma I dan III Keuangan dengan spesialisasi sebagai berikut :
·         Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
·         Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
·         Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Manajemen Aset / Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Penilai/Pajak Bumi Bangunan
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh PKN-STAN adalah :
·         Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
·         Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
·         Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)

Tempat pendidikannya di :
a.     Kampus PKN-STAN Jakarta, Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang.
b.     Pusdiklat Bea dan Cukai, Jl. Bojana Tirta III, Rawamangun, Jakarta Timur.
c.      Balai Diklat Keuangan Medan, Jl. Ekawarni, Medan.
d.     Balai Diklat Keuangan Palembang, Jl. Sukabangun II, Sukarami, Palembang.
e.      Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, Jl. Raya Solo Km.11, Purwomartani, Kalasan, Sleman.
f.       Balai Diklat Keuangan Malang, Jl. A. Yani Utara No.200, Malang.
g.     Balai Diklat Keuangan Denpasar, Jl. Kusumah Atmaja No.19, Denpasar.
h.     Balai Diklat Keuangan Balikpapan, Jl M.T. Haryono Dalam Nomor 39A RT 84 Balikpapan.
i.       Balai Diklat Keuangan Makasar, Jl. A. Yani No.1, Makassar.
j.       Balai Diklat Keuangan Cimahi, Jl. Gado Bangkong No.111, Cimahi.
k.     Balai Diklat Keuangan Manado, Jl. Bethesda No.18 Manado.

2.    Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)



Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi institusi pendidikan yang berkualitas dan unggul di bidang statistik.
Pada tahun akademik 2016/2017, STIS menyelenggarakan program studi:
  • Diploma III (D-III) Statistika
  • Diploma IV (D-IV) Statistika
  • Diploma IV (D-IV) Komputasi Statistik

Program studi D-III ditempuh selama 3 tahun. Lulusan program studi D-III STIS mendapat sebutan Ahli Madya Statistika (A. Md. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) di lokasi tertentu di Indonesia (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat,danPapua).
Program Studi D-IV ditempuh selama 4 tahun. Lulusan program studi D-IV STIS mendapat sebutan Sarjana Terapan Statistika (S. Tr. Stat.) dan akan ditempatkan sebagai tenaga ahli statistika/komputasi statistik di kantor BPS seluruhIndonesia. STIS akan menerima sebanyak 100 orang untuk program studi D-III dan 400 orang untuk program studi D-IV

3.     (STSN) Sekolah Tinggi Sandi Negara




(STSN) Sekolah Tinggi Sandi Negara adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia. STSN merupakan satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia. STSN didirikan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kualitas SDM aparatur bidang persandian yang mampu menjawab tantangan perkembangan teknologi informasi dan ancaman terhadap pengamanan informasi rahasia negara

4.     Akademi Militer (Akmil)



Akademi Militer (Akmil) adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Akademi Militer mencetak Perwira TNI Angkatan Darat. Secara organisasi, Akademi Militer berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Darat, yang dipimpin oleh Gubernur Akademi Militer yang saat ini dijabat oleh Mayor Jenderal TNI Arip Rahman, M.A Wakil Gubernur Akademi Militer yang saat ini dijabat oleh Brigadir Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi, S.Ip, MM.
Mako Akademi Militer berada di Jl. Gatot Subroto, Magelang, Jawa Tengah.
          Pendidikan Akmil ditempuh dalam 4 tahun. Dengan rincian Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandradimuka yang dilaksanakan bersama taruna AAL dan AAU selama 1 tahun, tingkat I s/d tingkat IV selama 4 tahun. Taruna/Taruni Akmil berhak menyandang predikat sebagai Sarjana Terapan Pertahanan (S.ST.Han). Calon Taruna Akmil merupakan lulusan SMA atau MA (IPA dan IPS untuk Taruna, IPA dan IPS untuk Taruni). Akmil merupakan pendidikan ikatan dinas yang dibiayai oleh negara.
5.     Akademi Angkatan Laut (AAL) 



Akademi Angkatan Laut (AAL) adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Laut di Krembangan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Akademi Angkatan Laut mencetak Perwira TNI Angkatan Laut. Secara organisasi, Akademi Angkatan Laut berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Laut dan berada di bawah pembinaan Akademi TNI, yang dipimpin oleh seorang Gubernur Akademi Angkatan Laut.
Sebutan Taruna AAL adalah “Kadet”, Calon Kadet Akademi Angkatan Laut merupakan lulusan SMA atau MA. AAL merupakan pendidikan ikatan dinas yang dibiayai oleh negara. Pendidikan AAL ditempuh selama 4 tahun dan setelah lulus dan dilantik menjadiPerwira Pertama berpangkat Letnan Dua, Kadet AAL berhak menyandang predikat sebagai Sarjana Terapan Pertahanan (S.ST.Han), Selama masa pendidikan, Kadet AAL tidak diperkenankan untuk menikah

6.     Akademi Angkatan Udara (AAU)



Akademi Angkatan Udara (AAU) adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Udara di Yogyakarta, Indonesia. Akademi Angkatan Udara mencetak Perwira TNI Angkatan Udara. Secara organisasi, Akademi Angkatan Udara berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Udara, yang dipimpin oleh seorang Gubernur Akademi Angkatan Udara. Mako Akademi Angkatan Udara berada di Jl. Laksda Adi sucipto km 10 Yogyakarta. Sistem Pendidikan di Akademi Angkatan Udara menganut sistem Tri Tunggal Terpadu. Artinya sistem pendidikan yang dilaksanakan meliputi kegiatan pengajaran, jasmani militer dan latihan serta pengasuhan secara terpadu dengan satu tujuan yaitu menghasilkan perwira berpangkat Letnan Dua yang mempunyai sifat "Tri Sakti Wiratama".
7.     Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)


Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah salah satu Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkunganDepartemen Dalam Negeri Republik Indonesia, yang bertujuan mempersiapkan kader pemerintah, baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat. Pada 10 Oktober 2007, dalam sebuah sidang kabinet, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk menggabungkan STPDN dengan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) menjadi IPDN menyusul terungkapnya kasus kekerasan yang terjadi di STPDN.
8.     Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau (STIN)


Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Kampusnya terletak di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Berdirinya STIN bertujuan untuk menyiapkan mahasiswanya menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan/atau keahlian profesional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
9.     Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)


(STPN) Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. STPN merupakan pendidikan tinggi yang telah cukup lama hadir di Indonesia dan telah meluluskan dalam bilangan ribuan mahasiswa yang kini tersebar di seluruh tanah air. Keberadaan STPN yang memiliki sejarah panjang sebagai Perguruan Tinggi sejak tahun 1963 dengan nama Akademi Agraria maka dapat digolongkan sebagai salah satu perguruan tinggi kedinasan tertua di Indonesia.
Bila melihat dari kekhususan substansi pendidikannya yaitu Pendidikan Tinggi Pertanahan maka STPN merupakan satu-satunya perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan pertanahan secara terpadu, menekuni kekhususan bidang tersebut dan berusaha mengembangkannya sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan mandiri.
10.                         Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara disingkat (STIP-AN)


Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara disingkat STIP-AN adalah perguruan tinggi yang didirikan pada tanggal 23 September 2002 dan kampusnya berlokasi diDepok, Jawa Barat. Perguruan tinggi ini dikelola oleh Yayasan Abdi Negara Nusantara (YPANN) yang Ketua Pembina-nya dijabat oleh Feisal Tamin. STIP-AN didirikan dengan tujuan untuk mendidik calon pamong praja dan meningkatkan kapasitas birokrat karier.
11.                         Akademi Imigrasi (AIM)


Akademi Imigrasi (AIM) adalah pendidikan kedinasan yang bernaung dibawah Departemen Hukum & Hak Asasi Manusia RI. Akademi ini didirikan pada 1962 dan sempat terhenti sebelum kemudian difungsikan kembali pada tahun 2000. AIM bertujuan mencetak kader pimpinan di lingkungan Ditjen imigrasi dan Depkumham masa depan di mana lulusannya kelak akan ditempatkan di seluruh kantor imigrasi di Indonesia dan atau di perwakilan imigrasi di luar negeri.
12.                         Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) 


Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), yang mempersiapkan kader tenaga ahli tingkat madya, guna mendukung tugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika sebagai lembaga acuan utama di Indonesia dalam memberikan informasi meteorologi, klimatologi, geofisika, dan kualitas udara, yang secara teknis akademik, pembinaanya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional dan secara teknis operasional dilakukan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.
13.                         Akademi Kepolisian  (Akpol) 


Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010 Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi. Lama pendidikan 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Dua Polisi. Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan.

saya rasa cukup sekian artikel yang dapat saya bagikan , semoga teman teman bisa sukses semua yaaa... apa yang di cita cita kan dapat tercapai dan bisa bahagiain orang tua amiiin

oh iya kalau menurut kalian artikel ini bermanfaat untuk kalian mohon like coment and share yaa





          
Previous
Next Post »

selamat datang di blog saya ya ...
di follow ya nanti aku follback kok
:D ConversionConversion EmoticonEmoticon